Skip to main content

Pengertian NAT dan PAT



Pengertian NAT dan PAT

 
  • NAT (Network Address Translation)
merupakan suatu metode untuk menghubungkan lebih dari 1 pc pada jaringan lokal ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP publik.
  • PAT (Port Address Translation)
merupakan suatu metode untuk menghubungkan beberapa port yang diakses pada jaringan lokal ke jaringan internet menggunakan satu alamat IP publik sesuai dengan port yang diakses.


Alasan menggunakan NAT pada jaringan
  1. Menghemat IP legal yang diberikan oleh ISP
  2. Mengurangi terjadinya duplikasi IP address pada jaringan
  3. Menghindari proses pengalamatan kembali pada saat jaringan berubah
  4. Meningkatkan fleksibilitas untuk koneksi ke internet
5.      CIDR (Classless Inter-Domain Routing)
6.      Classless Inter-Domain Routing (CIDR) adalah sebuah cara alternatif untuk mengklasifikasikan alamat-alamat IP berbeda dengan sistem klasifikasi ke dalam kelas A, kelas B, kelas C, kelas D, dan kelas E. Disebut juga sebagai supernetting. CIDR merupakan mekanisme routing dengan membagi alamat IP jaringan ke dalam kelas-kelas A, B, dan C.
7.      CIDR digunakan untuk mempermudah penulisan notasi subnet mask agar lebih ringkas dibandingkan penulisan notasi subnet mask yang sesungguhnya. Untuk penggunaan notasi alamat CIDR pada classfull address pada kelas A adalah /8 sampai dengan /15, kelas B adalah /16 sampai dengan /23, dan kelas C adalah /24 sampai dengan /28. Subnet mask CIDR /31 dan /32 tidak pernah ada dalam jaringan yang nyata.
8.      VLSM (Variable Length Subnet Mask)
9.      VLSM adalah pengembangan mekanisme subneting, dimana dalam VLSM dilakukan peningkatan dari kelemahan subneting klasik, yang mana dalam clasik subneting, subnet zeroes, dan subnet- ones tidak bisa digunakan. selain itu, dalam subnet classic, lokasi nomor IP tidak efisien.
10.  Pada metode VLSM subnetting yang digunakan berdasarkan jumlah host, sehingga akan semakin banyak jaringan yang akan dipisahkan. Tahapan perhitungan menggunakan VLSM IP Address yang ada dihitung menggunakan CIDR selanjutnya baru dipecah kembali menggunakan VLSM. Maka setelah dilakukan perhitungan maka dapat dilihat subnet yang telah dipecah maka akan menjadi beberapa subnet lagi dengan mengganti subnetnya.
Pengertian NAT Tipe Statis
Static NAT atau NAT statis menggunakan table routing yang tetap, atau alokasi translasi alamat ip ditetapkan sesuai dengan alamat asal atau source ke alamat tujuan atau destination, sehingga tidak memungkinkan terjadinya pertukaran data dalam suatu alamat ip bila translasi alamat ipnya belum didaftarkan dalam table nat. Translasi Static terjadi ketika sebuah alamat lokal (inside) di petakan ke sebuah alamat global/internet (outside). Alamat local dan global dipetakan satu lawan satu secara statik. NAT secara statis akan melakukan request atau pengambilan dan pengiriman paket data sesuai dengan aturan yang telah ditabelkan dalam sebuah NAT .


  • Pengertian NAT Tipe Dinamis
NAT dengan tipe dinamis menggunakan logika balancing atau menggunakan logika pengaturan beban, di mana dalam tabelnya sendiri telah ditanamkan logika kemungkinan dan pemecahannya, NAT dengan tipe dinamis pada umumnya dibagi menjadi 2 jenis yaitu NAT sistem pool dan NAT sistem overload.


Thanks Atas Kunjungannya Sobb.. :D

Comments

  1. Pengertian Nat Dan Pat ~ Berbagi Itu Indah >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Nat Dan Pat ~ Berbagi Itu Indah >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Nat Dan Pat ~ Berbagi Itu Indah >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Langkah Membuat jaringan LAN menggunakan Cisco Packet Tracer

Membuat jaringan LAN menggunakan Cisco Packet Tracer   Assalamualaikum Guys.. Kali ini saya akan bebagi ilmu menggunakan Cisco,Sebelum ke tutor kita kenalan dulu sama Cisco dulu Yeu... Cekidot...      Cisco Packet Tracer adalah tools e-learning yand dibuat oleh Cisco yang akan mensi ulasi cara kerja suatu jaringan berdasarkan topologi dan konfigurasi yang diberlakukan oleh penggunanya persis seperti aslinya.     Dalam pembuatan LAN ini tidak terlalu sulit, karena kita cuma akan  memasang beberapa perangkat dan mengkoneksikannya menggunakan kabel yang disediakan CPT (Cisco Packet Tracer) atau simulasi kita dan juga mengotak-atik sedikit IP address komputer pada software simulasi kita nanti. 1   Download Cisco Packet Tracer (bagi yang belum punya aja) 2   Instal aplikasi seperti menginstal aplikasi lainnnya, setelah itu  restart PC(Bagi yang blum nginstll aja :v) 3   Buka Cisco Packet Tracer anda         4.       Klik gambar icon yang paling pojok kiri seperti

Pengertian Flowchart (Pemrograman Dasar)

  Pengertian Flowchart       Assalamualaikum gusy... kali ini saya akan berbagi ilmu Pemprograman Dasar yaitu Materi Tentang Flowchart Langsung aja Cekidot.. kita ke materinya..:D      Dalam membuat suatu program perlu adanya suatu cara untuk menganalisa suatu kasus yang akan dibuatkan program dengan salah satu bahasa pemrograman. Pada bagian sebelumnya telah dibahas suatu bentuk analisa dengan menggunakan algoritma, ada juga cara lain untuk menganalisa suatu kasus dengan menggunakan Flowchart.      Flowchart adalah sekumpulan gambar – gambar tertentu untuk menyatakan alur dari suatu program yang akan diterjemahkan ke salah satu bahasa pemrograman. Kegunaan flowchart sama seperti halnya algoritma yaitu untuk menuliskan alur program tetapi dalam bentuk gambar atau symbol. Flowchart dibagi menjadi dua (2) bagian, yaitu : 1. Flowchart yang menggambarkan alur suatu sistem 2. Flowchart yang menggambarkan alur dari suatu program. Sistem Flowchart       Adalah bagan

Belajar Web Design:Cara Membuat Web Menggunakan Photoshop(Layout)

Assalamualaikum wr.wb guys.. :D Sebelum Memulai caranya,, kita bahas apa itu layout dulu. PENGERTIAN LAYOUT      Layout atau tata letak merupakan satu keputusan yang menentukan efisiensi sebuah operasi dalm jangka panjang. Banyak dampak strategis yang terjadi dari hasil keputusan tentang layout, diantaranya kapasitas, proses, fleksibilitas, biaya, kualitas lingkungan kerja, kontak konsumen dan citra perusahaan. Layout yang efektif membantu perusahaan mencapai sebuah strategi yang menunjang strategi bisnis yang telah ditetapkan diantara diferensiasi, biaya rendah maupun respon cepat. Dalam semua kasus yang terjadi, layout seharusnya mempertimbangkan bagaimana cara mencapai 1. Pemanfaatan lebih tinggi atas ruang, fasilitas dan tenaga kerja. 2. Perbaikan aliran informasi, barang atau tenaga kerja. 3. Meningkatkan moral kerja dan kondisi keamanan yang lebih baik 4. Meningkatkan interaksi perusahaan dengan konsumen. 5. Peningkatan fleksibilitas. Dari waktu ke