Skip to main content

Arsitektur Komputer


  Arsitektur Komputer

       A.   Model Von Neumann

         1 .   Pengertian Arsitektur von Neumann
            Arsitektur von Neumann (Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Dengan unit sederhana ini, sebuah software yang rumit, seperti software pengolah kata Dapat dibuat. Arsitektur Von Neumann menyediakan fitur penyimpanan dan modifikasi program secara mudah.
            Mesin von Neumann mempunyai program dan data daerah memory yang sama. Model ini membutuhkan berbagai pengumpulan program dan data untuk membentuk instruksi. Pengumpulan program dan data diselesaikan menggunakan time division multiplexing yang akan berpengaruh pada performa mikrokontroler itu sendiri.

         2.   Diagram Blok Model Von Neuman
       3.    Cara Kerja
Adapun cara kerja model Von Neumann, yaitu :
  • Main memory menyimpan data dan program
  • BUS mentransfer data, alamat dan mengontrol signal. Baik itu dari atau ke memory maupun dari atau ke perangkat lainnya.
  • CPU
    • Control Unit menangkap intruksi dan mengeksekusinya.
    • ALU (Arithmetic Logic Unit) melakukan operasi (menambah, mengurangi, dll)
    • Register 9Fast Memory) menyimpan hasil sementara dan informasi kontrol (alamat instruksi berikutnya). 
  • Perangkat I/O menjadi tepat penghubung antara user dan komputer
        4.    Kelebihan & Kekurangan Model Von Neumann
            Keuntungan dari Von Neumann adalah pada fleksibilitas pengalamatan program dan data. Biasanya program selalu ada di ROM dan data selalu ada di RAM. Arsitektur Von Neumann memungkinkan prosesor untuk menjalankan program yang ada didalam memori data (RAM). Misalnya pada saat power on, dibuat program inisialisasi yang mengisi byte di dalam RAM. Data di dalam RAM ini pada gilirannya nanti akan dijalankan sebagai program. Sebaliknya data juga dapat disimpan di dalam memori program (ROM).

            Arsitektur Von Neumann bukan tidak punya kelemahan, diantaranya adalah bus tunggalnya itu sendiri. Sehingga instruksi untuk mengakses program dan data harus dijalankan secara sekuensial dan tidak bisa dilakukan overlaping untuk menjalankan dua isntruksi yang berurutan. Selain itu bandwidth program harus sama dengan banwitdh data. Jika memori data adalah 8 bits maka program juga harus 8 bits. Satu instruksi biasanya terdiri dari opcode (instruksinya sendiri) dan diikuti dengan operand (alamat atau data). Karena memori program terbatas hanya 8 bits, maka instruksi yang panjang harus dilakukan dengan 2 atau 3 bytes. Misalnya byte pertama adalah opcode dan byte berikutnya adalah operand. Secara umum prosesor Von Neumann membutuhkan jumlah clock CPI (Clock per Instruction) yang relatif lebih banyak dan walhasil eksekusi instruksi dapat menjadi relatif lebih lama.
Contoh Implementasi Model Von Neumann pada masa sekarang yaitu hampir semua komputer konvensional yang beredar di pasaran saat ini menggunakan model Von Neuman

         B.     Model Non-Von Neuman
         1.    Pengertian Arsitektur Non-Von Neuman
            Non arsitektur von Neumann adalah Setiap arsitektur komputer di mana model yang mendasari perhitungan ini berbeda dari apa yang telah datang untuk disebut standar von Neumann Model. Sebuah mesin non-von Neumann demikian dapat tanpa konsep aliran sekuensial kontrol (yaitu tanpa mendaftar sesuai dengan "program counter" yang menunjukkan titik saat ini yang telah dicapai dalam pelaksanaan program) dan / atau tanpa konsep variabel (yaitu tanpa "bernama" lokasi penyimpanan di mana nilai dapat disimpan dan kemudian direferensikan atau diubah).
        2.    Diagram Blok Model Non-Von Neuman
         3.    Cara kerja
            Adalah satu CPU mengeksekusi instruksi satu persatu dan menjemput atau menyimpan data satu persatu.
        4.    Kelebihan Dan Kekurangan Model Non-Von Neuman
            Keuntungan model ini yaitu setiap prosesor mampu mengeksekusi instruksi-instruksi yang sama dari data yang berbeda. Namun belum tentu juga model ini unggul sepenuhnya.
Kekurangan dari model ini adalah anya dapat melakukan satu instruksi dalam satu waktu.
Contoh implementasi model ini adalah pada komputer ILLIAC IV, MPP, DAP, CM-2, MasPar MP-1, dan MasPar MP-2 yang rata-rata merupakan komputer jenis super komputer

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Membuat jaringan LAN menggunakan Cisco Packet Tracer

Membuat jaringan LAN menggunakan Cisco Packet Tracer   Assalamualaikum Guys.. Kali ini saya akan bebagi ilmu menggunakan Cisco,Sebelum ke tutor kita kenalan dulu sama Cisco dulu Yeu... Cekidot...      Cisco Packet Tracer adalah tools e-learning yand dibuat oleh Cisco yang akan mensi ulasi cara kerja suatu jaringan berdasarkan topologi dan konfigurasi yang diberlakukan oleh penggunanya persis seperti aslinya.     Dalam pembuatan LAN ini tidak terlalu sulit, karena kita cuma akan  memasang beberapa perangkat dan mengkoneksikannya menggunakan kabel yang disediakan CPT (Cisco Packet Tracer) atau simulasi kita dan juga mengotak-atik sedikit IP address komputer pada software simulasi kita nanti. 1   Download Cisco Packet Tracer (bagi yang belum punya aja) 2   Instal aplikasi seperti menginstal aplikasi lainnnya, setelah itu  restart PC(Bagi yang blum nginstll aja :v) 3   Buka Cisco Packet Tracer anda         4.       Klik gambar icon yang paling pojok kiri seperti

Pengertian Flowchart (Pemrograman Dasar)

  Pengertian Flowchart       Assalamualaikum gusy... kali ini saya akan berbagi ilmu Pemprograman Dasar yaitu Materi Tentang Flowchart Langsung aja Cekidot.. kita ke materinya..:D      Dalam membuat suatu program perlu adanya suatu cara untuk menganalisa suatu kasus yang akan dibuatkan program dengan salah satu bahasa pemrograman. Pada bagian sebelumnya telah dibahas suatu bentuk analisa dengan menggunakan algoritma, ada juga cara lain untuk menganalisa suatu kasus dengan menggunakan Flowchart.      Flowchart adalah sekumpulan gambar – gambar tertentu untuk menyatakan alur dari suatu program yang akan diterjemahkan ke salah satu bahasa pemrograman. Kegunaan flowchart sama seperti halnya algoritma yaitu untuk menuliskan alur program tetapi dalam bentuk gambar atau symbol. Flowchart dibagi menjadi dua (2) bagian, yaitu : 1. Flowchart yang menggambarkan alur suatu sistem 2. Flowchart yang menggambarkan alur dari suatu program. Sistem Flowchart       Adalah bagan

Belajar Web Design:Cara Membuat Web Menggunakan Photoshop(Layout)

Assalamualaikum wr.wb guys.. :D Sebelum Memulai caranya,, kita bahas apa itu layout dulu. PENGERTIAN LAYOUT      Layout atau tata letak merupakan satu keputusan yang menentukan efisiensi sebuah operasi dalm jangka panjang. Banyak dampak strategis yang terjadi dari hasil keputusan tentang layout, diantaranya kapasitas, proses, fleksibilitas, biaya, kualitas lingkungan kerja, kontak konsumen dan citra perusahaan. Layout yang efektif membantu perusahaan mencapai sebuah strategi yang menunjang strategi bisnis yang telah ditetapkan diantara diferensiasi, biaya rendah maupun respon cepat. Dalam semua kasus yang terjadi, layout seharusnya mempertimbangkan bagaimana cara mencapai 1. Pemanfaatan lebih tinggi atas ruang, fasilitas dan tenaga kerja. 2. Perbaikan aliran informasi, barang atau tenaga kerja. 3. Meningkatkan moral kerja dan kondisi keamanan yang lebih baik 4. Meningkatkan interaksi perusahaan dengan konsumen. 5. Peningkatan fleksibilitas. Dari waktu ke